Kado Akhir Tahun Pemkab Garut Sabet Predikat Kabupaten Sangat Inovatif pada Anugerah Innovation Government Award Tahun 2020

Pemerintah Kabupaten Garut menerima penghargaan kategori “Kabupaten Sangat Inovatif” dalam Anugerah Innovative Government Award (IGA) 2020, oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Jumat (18/12) di Hotel Sultan Jakarta. Penghargaan diserahkan oleh Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Kemendagri Agus Fatoni, kepada Bupati Garut Rudy Gunawan.

Innovative Government Award (IGA) Tahun 2020 merupakan acara yang digelar rutin setiap tahun oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Untuk mendorong pemerintah daerah (Pemda) agar terus berinovasi dengan meningkatkan kinerja penyelenggaraan pemerintah daerahnya. Melalui peningkatan pelayanan publik, pemberdayaan masyarakat sehingga mampu mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Sekjen Kemendagri Muhamad Hudori mewakili Mendagri Muhamad Tito Karnavian, pada sambutannya mengatakan bahwa penghargaan ini diberikan pada Pemda yang sudah membuat terobosan baru dan inovasi bermanfaat bagi bangsa dan negara. Inovasi adalah cikal bakal dari upaya menuju daya saing daerah, lalu terakumulasi menjadi daya saing secara nasional.

“Inovasi harus ada dalam setiap nafas urusan pemerintahan. Inovasi harus jadi visi pemda. Inovasi jangan sebatas pengetahuan saja, tapi bisa menjadi budaya dan jadi katalis pertumbuhan investasi, juga mampu memacu pertumbuhan ekonomi di seluruh wilayah.” papar Muhamad Hudori.

Anugerah IGA 2020 yang diberikan kepada pemda, atas keberhasilannya dalam melakukan inovasi daerah dan peningkatan daya saing daerah diberbagai bidang antara lain peningkatan layanan publik, tata kelola pemerintahan dan pembangunan di daerah. Inovasi Pemda yang masuk dalam nominasi diharapkan dapat menjadi role model bagi daerah lain dalam menerapkan inovasi.

“Tentu ini menjadi dorongan bagi Pemerintah Kabupaten Garut untuk mengejar ketertinggalan. Kita ingin hal yang berhubungan dengan penyelenggaraan pemerintahan dilakukan dengan penuh inovasi. Sehingga pelayanan berlangsung efektif dan efisien.” jelas Rudy Gunawan. *** (KARL/Litb/2020)

Related articles

Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Share article

spot_img

Latest articles

Newsletter

Subscribe to stay updated.