Seluruh Pegawai di Lingkup Bappeda Kabupaten Garut Jalani Tes SWAB Secara Masif

Pelaksanaan tes SWAB kepada seluruh pegawai di Lingkup Bappeda Kabupaten Garut pada, Kamis (06/08) dilakukan dalam rangka upaya percepatan penanganan Covid-19 pada ASN di instansi pelayanan publik dengan mobilitas tinggi.

Tes SWAB dilaksanakan oleh tim dari UPT PKM Pembangunan Kabupaten Garut. Sebelum dan sesudah tes swab tim melakukan sterilisasi area pemeriksaan. Pemeriksaan dilakukan selama lebih dari dua jam.

"Swab terhadap seluruh pegawai Bappeda Garut sudah diagendakan sebelumnya dan diselenggarakan dalam rangka percepatan penanganan dan memutus sebaran covid-19," tegas Kasubbag Umum dan Kepegawaian Hendra Hidayatulloh.

Jadwal pemeriksaan tersebut sesuai dengan Surat Edaran Bupati Garut Nomor 443/10708/Kesra tentang Pelaksanaan _Testing Massive_ melalui Pengambilan Sampel SWAB Secara Masif dalam Upaya Percepatan Penanganan Covid-19.

Pemeriksaan Covid-19 berupa tes SWAB dengan menggunakan sampel lendir yang diambil dari dalam hidung maupun tenggorokan. Dua area tersebut dipilih karena menjadi tempat virus menggandakan dirinya.

Pemeriksaan ini dinilai lebih akurat, sebab virus corona akan menempel di bagian dalam hidung atau tenggorokan. Hasil pemeriksaan PCR swab ini nantinya akan benar-benar memperlihatkan keberadaan Covid-19 di dalam tubuh seseorang.