Mengusung Konsep EcoWisata, Inilah Penampakan Masterplan Kawasan Pariwisata Situ Bagendit

Diawali kunjungan kerja Kunjungan Kerja Presiden Joko Widodo ke Kabupaten Garut. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyampaikan usulan penataan Situ Bagendit.

Revitalisasi atau penataan kawasan wisata Situ Bagendit di Desa Bagendit, Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut, resmi dimulai pada 1 November 2020. Merupakan tindak lanjut atau follow up dari usulan Gubernur Jabar tersebut.

Penataan Situ Bagendit sendiri mengusung Konsep EcoWisata berbasis masyarakat. Konsep EcoWisata dalam Desain Masterplan Kawasan Pariwisata Situ Bagendit menerapkan lima pendekatan kawasan.

Pendekatan kawasan konservasi, memiliki kepedulian, komitmen dan rasa tanggung jawab terhadap pelestarian alam. Pendekatan Partisipasi Masyarakat, menjadikan masyarakat sebagai subjek dengan melibatkan secara langsung.

Pendekatan kawasan lainnya yang digunakan tentunya pendekatan sebagai kawasan Wisata, menciptakan rasa nyaman, aman, memberikan kepuasan dan pengalaman yang menarik kepada pengunjung.

Situ Bagendit juga dilakukan pendekatan kawasan Pendidikan (Lingkungan), meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap alam,nilai sejarah dan budaya serta memberikan nilai tambah bagi pengunjung.

Kesemuanya itu akhirnya bermuara pada pendeketan Perekonomian yang dapat memberikan manfaat yang optimal bagi peningkatan per-ekonomian masyarakat setempat maupun pemerintah yang berkelanjutan.

“Penataan Situ Bagendit menjadi kebahagiaan tersendiri untuk warga Garut.” ungkap Bupati Garut Rudy Gunawan. *** (ZFRY/Ekon)

Related articles

Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Share article

Latest articles

Mengusung Konsep EcoWisata, Inilah Penampakan Masterplan Kawasan Pariwisata Situ Bagendit

Diawali kunjungan kerja Kunjungan Kerja Presiden Joko Widodo ke Kabupaten Garut. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyampaikan usulan penataan Situ Bagendit.

Mendapat Tambahan Kuota Tahun 2020, Bappenas Lakukan Pengecekan Pembangunan Rumah Melalui Skema BSPS di Kabupaten Garut

Direktur Perumahan dan Permukiman Bappenas Tri Dewi Virgianti melakukan kunjungan kerja ke Lokasi rumah dengan skema Pembiayaan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS)...

Bappenas Dukung Atasi Kesenjangan Sosial-Ekonomi Jabar Selatan

Wargi #garut, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Suharso Monoarfa mengatakan akan mengatasi kemiskinan dan mendukung pengembangan kawasan Jawa Barat...

Cetak Regenerasi Petani Milenial Pemerintah Dukung Pengembangan Koperasi Milenial di Kabupaten Garut

Koperasi Eptilu yang berdiri sejak tahun 2013 dirintis oleh seorang putra daerah asal Garut asli Cikajang yakni Rizal. Kini Rizal yang menjabat...

Perumahan Paguyuban Pangkas Rambut Garut Jadi Percontohan Pembangunan Perumahan Formal Berbasis Komunitas

Direktur Perumahan dan Permukiman Bappenas Tri Dewi Virgianti melakukan kunjungan kerja ke Desa Sukamukti, Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut, Senin (26/10). Kunjungan ini...

Newsletter

Subscribe to stay updated.