Kick Off Meeting Perencanaan Pembangunan Kabupaten Garut Tahun 2021

GARUT – Dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD), sesuai dengan amanat pasal 74 Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017, bahwa penyusunan rancangan awal RKPD dimulai pada minggu pertama bulan Desember, 2 (dua) tahun sebelum tahun rencana, Bappeda Kabupaten Garut menyelenggarakan kegiatan Kick off Meeting Perencanaan Pembangunan Kabupaten Garut Tahun 2021, pada hari Senin, tanggal 23 Desember 2019 bertempat  di Alula Bappeda Kabupaten Garut.

Kepala Bappeda Kabupaten Garut menyampaikan maksud kegiatan tersebut untuk menginformasikan agenda perencanaan pembangunan yang akan dilaksanan pada tahun 2020 serta arah kebijakan dalam penyusunan rancangan awal RKPD Tahun 2021 dan Renja Perangkat Daerah Tahun 2021. Rancangan Awal RKPD Tahun 2021 tersebut selanjutnya akan dibahas dibahas bersama dengan kepala Perangkat Daerah dan pemangku kepentingan dalam Forum Konsultasi Publik pada awal bulan Januari 2020 untuk memperoleh masukan dan saran penyempurnaan. Hadir pada kegiatan tersebut Ketua DPRD beserta unsur anggota DPRD Kabupaten Garut, para kepala Perangkat Daerah dan Camat di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Garut.

Dalam sambutannya, Ketua DPRD Kabupaten Garut menyampaikan bahwa dalam penyusunan rancangan awal RKPD Tahun 2021, DPRD akan memberikan saran dan pendapat berupa pokok-pokok pikiran DPRD berdasarkan hasil reses/penjaringan aspirasi masyarakat sebagai bahan perumusan kegiatan, lokasi kegiatan dan kelompok sasaran yang diselaraskan dengan sasaran dan prioritas pembangunan yang telah ditetapkan dalam Peraturan Daerah tentang RPJMD serta ketersediaan kapasitas riil anggaran.

Dalam kegiatan tersebut dihadirkan narasumber dari BPS Kabupaten Garut yang memaparkan Pelaksanaan Kebijakan Statistik Nasional. Sementara itu, narasumber dari Bappeda Provinsi Jawa Barat memaparkan  tahapan, jadwal serta Arah Kebijakan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Jawa Barat Tahun 2021. Pada kesempatan tersebut diinformasikan rencana pembangunan proyek infrastruktur strategis Jawa Barat di Kabupaten Garut Tahun 2021, diantaranya Pembangunan Pusat Budaya, Penataan Alun-Alun, dan Pembangunan Creative Center.

Pada penghujung kegiatan tersebut, Wakil Bupati Garut menyampaikan sambutan dan arahan sekaligus pencanangan perencanaan pembangunan Kabupaten Garut Tahun 2021. Pembangunan Kabupaten Garut Tahun 2021 akan mengambil tema “Pembangunan Sumber Daya Manusia yang Berkualitas dan Infrastruktur yang Mantap disertai Perluasan Investasi guna Peningkatan Daya Saing Daerah”. *** (AK/Litb)

Related articles

Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Share article

Latest articles

Mengusung Konsep EcoWisata, Inilah Penampakan Masterplan Kawasan Pariwisata Situ Bagendit

Diawali kunjungan kerja Kunjungan Kerja Presiden Joko Widodo ke Kabupaten Garut. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyampaikan usulan penataan Situ Bagendit.

Mendapat Tambahan Kuota Tahun 2020, Bappenas Lakukan Pengecekan Pembangunan Rumah Melalui Skema BSPS di Kabupaten Garut

Direktur Perumahan dan Permukiman Bappenas Tri Dewi Virgianti melakukan kunjungan kerja ke Lokasi rumah dengan skema Pembiayaan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS)...

Bappenas Dukung Atasi Kesenjangan Sosial-Ekonomi Jabar Selatan

Wargi #garut, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Suharso Monoarfa mengatakan akan mengatasi kemiskinan dan mendukung pengembangan kawasan Jawa Barat...

Cetak Regenerasi Petani Milenial Pemerintah Dukung Pengembangan Koperasi Milenial di Kabupaten Garut

Koperasi Eptilu yang berdiri sejak tahun 2013 dirintis oleh seorang putra daerah asal Garut asli Cikajang yakni Rizal. Kini Rizal yang menjabat...

Perumahan Paguyuban Pangkas Rambut Garut Jadi Percontohan Pembangunan Perumahan Formal Berbasis Komunitas

Direktur Perumahan dan Permukiman Bappenas Tri Dewi Virgianti melakukan kunjungan kerja ke Desa Sukamukti, Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut, Senin (26/10). Kunjungan ini...

Newsletter

Subscribe to stay updated.