Pengaturan Sempadan Pantai sebagai Salah Satu Upaya Melindungi Pantai Santolo

0
88

Kondisi umum sempadan pantai di Indonesia mengalami penurunan (degradasi) kulaitas, baik ekosistem maupun kawasan daratan pantai, baik akibat fenomena alam seperti abrasi, maupun akibat ulah manusia. Meningkatnya pemanfaatan sempadan pantai dikhawatirkan akan berdampak pada kerusakan lingkungan pantai untuk melindungi daratan dari alam laut. Beragamnya kegiatan wisata yang ada di sepanjang pesisir Pantai Santolo tentunya berakibat pada perubahan fisik dan ekonomi kawasan tersebut. Salah satu upaya untuk melindungi wilayah pantai adalah dengan pengaturan sempadan pantai.

Mengingat banyaknya arahan pengembangan di kawasan ini, maka diperlukan sinergi dan sinkronisasi dengan stakeholder terkait sebagai pelaksana teknis masing-masing kebijakan pengembangan. Adapun deliniasi pengaturan sempadan Pantai Santolo dalam kegiatan ini adalah, lahan seluas 4 Ha, yang merupakan aset milik Dinas SDA Prov. Jabar, dengan kegiatan prioritas membangun Ruang Terbuka Hijau (RTH).

Mengingat di lahan tersebut telah berkembang kegiatan wisata dengan banyak berdirinya bangunan liar tidak berijin berupa warung/kios dan penginapan kurang lebih sebanyak 116 bangunan, maka kebijakan pertama yang akan dilaksanakan adalah penertiban bangunan yang akan dilaksanakan pada bulan September-Oktober yang akan dilaksanakan oleh Satpol PP Provinsi Jawa Barat. (Abdul Haris Syahid/Bappeda Garut)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here