Soft Launching “INOLINE” Media Pengembangan Inovasi Berbasis Daring

0
96
Kepala PKP2A I LAN Bandung Hari Nugraha, SE., MPM sedang memberikan sambutan.

Kegiatan Soft Launching Inoline oleh Bidang Kajian Kebijakan Dan Inovasi Administrasi Negara (KANIGARA) Pusat Kajian dan Pendidikan dan Pelatihan Aparatur (PKP2A I) Lembaga Administrasi Negara (LAN) Bandung hadir serta memberikan sambutannya yaitu Kepala PKP2A I LAN Bandung Hari Nugraha, SE., MPM didampingi oleh Kepala Bidang KKIAN Zulpikar, S.Sos., MM serta Direktur Bisnis Pikiran Rakyat H. Januar P. Ruswita.

Soft Launching Inoline, Media Pengembangan Inovasi Online Pemerintah Daerah (21/11) diselengarakan oleh Bidang Kajian Kebijakan dan Inovasi Administrasi Negara PKP2A-I LAN. Bertempat di Aula Pikiran Rakyat, Jl. Asia-Afrika, Kota Bandung. Dalam rangka advokasi membantu pemerintah daerah untuk meningkatkan kapasitas penyelenggaraan pemerintah dan inovasi dalam rangka akselerasi reformasi birokrasi di daerah.

Aplikasi Inonline sebagai bentuk fasilitasi berbasis daring / online dalam penyelenggaraan pengembangan inovasi sektor publik menggunakan laboratorium inovasi (terdiri tahap drum-up, diagnose, design, delivery dan display yang terdokumentasi.

Mempunyai tujuan untuk meningkatkan cakupan layanan dalam praktik pengembangan inovasi di sektor publik. Untuk menginspirasi dan memicu kreatifitas dan peningkatan ASN dalam berinovasi. Akselerasi serta efisiensi dalam penyelenggaraan pemerintah daerah dan pengelolaan inovasi daerah.

Kepala PKP2A I Hari Nugraha, SE., MPM dalam sambutannya mengatakan, “Inoline diharapkan mampu mengakomodir tantangan inovasi dalam sektor publik dengan cara digital. Membuat database inovasi berbasis online”. Database yang terkumpul digunakan untuk memfasilitasi daerah yang perlu difasilitasi penyelenggaraan dan pengelolaan inovasinya. Agar bisa direplikasi di daerah lainnya. Merupakan amanat dari Perpres No. 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Elektronik serta PP. 38 Tahun 2017.

Pembagian user aplikasi : Admin Pemda (Kabag organisasi dan Kabid Litbang/ yang menangani inovasi); Admin OPD (Sekretaris OPD); Inovator; Fasilitator; Admin LAN; Admin teknisi. Aplikasi Inonline memuat substansi Sinovik Kemenpan maupun IGA Kemendagri, ucap Kepala Bidang KKIAN Zulpikar, S.Sos., MM dalam paparannya.

Dalam rentang 2014-2018 dalam Top 99 dalam kompetisi pelayanan publik di level pemda jabar, Kabupaten Garut belum masuk nominasi. Dengan penggunaan Inonline ini diharapkan dapat mendorong pengembangan inovasi daerah yang terdokumentasi dengan baik dan diharapkan tahun 2019 mendatang Kabupaten Garut dapat masuk nominasi Top 99 Kompetisi Pelayanan Publik maupun Innovative Government Award Kemendagri. (Litbang/2018)

Penelaah: Agus Kurniawan/Litbang
Penulis: Gugum Gumilar/Litbang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here