Rapat Koordinasi Kabupaten Garut Sehat Dalam Rangka Verifikasi Penilaian Swastisaba Wistara

Rapat Koordinasi Kabupaten Garut Sehat Dalam Rangka Verifikasi Penilaian Swastisaba Wistara

Rapat Koordinasi Kabupaten Garut Sehat (27/12) bertempat di Ruang Rapat Wakil Bupati Garut. Hadir Kepala Bidang Sosial Budaya H. Yayan Gunawan, S.Sos., M.Si mewakili Kepala Bappeda Garut sekaligus memberikan arahan. Dilanjutkan pemaparan narasumber yang disampaikan oleh Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes Garut Euis Tuti serta Sekretaris Forum Kabupaten Garut Sehat.

Dalam Rakor tersebut juga membahas verifikasi penilaian Swastisaba Wistara atau tahap pengembangan yang akan dilaksanakan pada tahun 2019. Beberapa persyaratan yang harus dipenuhi antara lain, lima tatanan sesuai dengan potensi sumber daya setempat. Setiap kabupaten/kota telah mencakup 70% kecamatan sehat.

Dari jumlah kecamatan yang ada di Kabupaten Garut, saat ini telah mempunyai 26 kecamatan sehat ditambahn 6 kecamatan sehat yang telah dibentuk pada tahun ini sehingga jumlah forum kecamatan sehat secara keseluruhan berjumlah 32 kecamatan sehat.

Kemudian persyaratan selanjutnya, tiap tatanan telah terintegrasi baik dari aspek fisik, sosial/budaya, ekonomi dan kesehatan. Serta setiap kegiatan memilih indikator program dan indikator adanya gerakan masyarakat dari indikator yang tersedia. Asep Ruslan/Sosbud

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X