Diskusi Kelompok Terarah (FGD) Penyusunan Rencana Induk Kelitbangan Kabupaten Garut Tahun 2019-2024

0
55

Diskusi Kelompok Terarah atau Focus Group Discussion (FGD) Penyusunan Rencana Induk Kelitbangan (RINDUK) Kabupaten Garut Tahun 2019-2024 bertempat di Aula Bappeda Garut. Dipimpin oleh Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan Bappeda Garut Agus Kurniawan, S.Si., ME. Dihadiri oleh undangan yang terdiri dari Perangkat Daerah lingkup Pemerintah Kabupaten Garut dan hadir sebagai narasumber Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Garut Abdullah Ramdhani, SE., M.Si.

Kegiatan ini digelar untuk memberikan masukan dalam penyusunan dokumen Rencana Induk Kelitbangan Kabupaten Garut Tahun 2019-2024. Sebagaimana diketahui dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah Fungsi penelitian dan pengembangan menjadi salah satu fungsi penunjang dalam pelaksanaan urusan pemerintahan di daerah dalam meningkatkan pemanfaatan hasil penelitian dan pengembangan.

Sehingga untuk memantapkan peran kelitbangan tersebut perlu disusun kerangka kebijakan kelitbangan daerah yang mengakomodir berbagai aspek penyelenggaraan pemerintahan dalam suatu konsep rencana kelitbangan secara komprehensif dan sinergis tersebut kedalam Rencana Induk Kelitbangan (RINDUK). RINDUK merupakan dokumen arah kebijakan kelitbangan yang memuat strategi pentahapan dan rincian indikasi program di bidang kelitbangan yang akan dilaksanakan jangka menengah dalam kurun waktu 5 (lima) tahun.

Fungsi kelitbangan diperlukan untuk menjawab tantangan dan dinamika dalam penyelenggaraan pemerintahan guna mendukung peningkatan pelayanan publik dan kesejahteraan masyarakat. Peran kelitbangan tersebut diharapkan mampu menghasilkan berbagai terobosan baru dalam mendukung optimalisasi kinerja pemerintah daerah dalam rangka percepatan pembangunan daerah secara tepat sasaran dan berdaya saing.

“Diharapkan kebijakan Kelitbangan yang telah direncanakan dalam penyusunan rencana induk ini serta hasil-hasil Kelitbangan nantinya dapat dimanfaatkan sebagai rekomendasi dan masukan dalam perumusan kebijakan pembangunan daerah, serta perumusan kebijakan teknis bagi perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Garut.”, pungkas Agus Kurniawan dalam sambutannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here