Forum Diskusi Kelitbangan Daerah dalam Rangka Hari Kebangkitan Teknologi Nasional ke-24

0
99

Kegiatan Forum Diskusi Kelitbangan Daerah dalam Rangka Hari Kebangkitan Teknologi Nasional ke-24 yang diselenggarakan di Aston Denpasar Hotel Convention Center, Bali (24/08). Dihadiri oleh unsur Kelitbangan baik dari provinsi, kabupaten juga kota seluruh Indonesia mengusung tema “Menuju Pembenahan Kebijakan Penguatan Inovasi Daerah”.

“Dua permasalahan utama kelitbangan yaitu minimnya kualitas dan kuantitas sumber daya manusia serta penganggaran,” disampaikan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kemendagri Drs. Dodi Riyadmadji, M.M. dalam keynote speech-nya sekaligus membuka secara resmi acara tersebut.

Selanjutnya harus ada arahan yang jelas mengenai penguatan kelembagaan litbang berada di posisi mana dalam kaitannya mendukung pengambilan kebijakan. Selain itu, pentingnya kolaborasi dengan pihak luar pemerintahan seperti perguruan tinggi, karena hampir semua SDM balitbang tidak berbasis research atau bukan Peneliti.

Direktur Jenderal Penguatan Inovasi Kemristekdikti Dr. Ir. Jumain Appe, M.Si. dalam keynote speech-nya besar harapannya hasil pemetaan IDSD bisa dijadikan data konkrit yang bermanfaat sebagai indikator dalam memetakan posisi daya saing daerah.

“Melalui IDSD diharapkan kebijakan pemerintah daerah menjadi tepat sasaran. IDSD memiliki peran penting dalam menetapkan program untuk pengembangan produk unggulan daerah melalui inovasi”, imbuhnya.

Narasumber lain yang hadir diantaranya Guru Besar Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia Prof. Dr. Martani Huseini, Direktur Sistem Inovasi Kemristekdikti Dr. Ir. Ophirtus Sumule, DEA, Kepala Bagian Perencanaan BPP Kemendagri Mohammad Noval.

Sebelum dimulai paparan para narasumber dilaksanakan penyerahan penghargaan Anugerah Iptek dan Inovasi untuk kategori Budhipura, Budhipraja Kota Budhipraja Kabupaten serta perwakilan peserta pemetaan indeks inovasi daerah.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Direktorat Sistem Inovasi, Dirjen Penguatan Inovasi Kemenristekdikti didukung oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kemendagri, diharapkan menjadi media berbagi ide dan pengalaman antar pemangku kepentingan penelitian dan pengembangan di tingkat Pusat dan Daerah dalam merumuskan substansi pokok strategi dan kebijakan penguatan ekosistem inovasi daerah.(Dwi Putri Rakhmawati/Agus Kurniawan/Litbang/2019)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here