Penyelenggaraan Workshop Perencanaan Pembangunan dengan Prinsip Desa Membangun Angkatan II

0
46

Penyelenggaraan Workshop Perencanaan Pembangunan dengan Prinsip Desa Membangun Angkatan II (2/9) oleh Bidang Pemerintahan dan Kemasyarakatan Bappeda Garut yang bertempat di Hotel Augusta Cipanas Garut. Workshop Angkatan II diikuti oleh 64 desa dari 5 kecamatan dan dilaksanakan selama 3 hari.

Dihadiri langsung Kepala Bappeda Garut Ir. H. Widiyana, CES didampingi Plt. Kabid Pemkemas H. Yayan Gunawan S.Sos., M.Si serta para pejabat struktural dilingkup Bidang Pemkemas. Angkatan II ini tidak hanya dilakukan pemaparan materi juga dilaksanakan kunjungan lapangan (field trip) ke BUMDes, Desa Sukalaksana, Kecamatan Samarang.

Diharapkan melalui Pemberdayaan Bumdes sebagai salah satu bentuk pemberdayaan masyarakat. Bumdes yang dikelola oleh dan untuk desa sebagai salah satu fokus kebijakan pembangunan. Desa harus dapat mengetahui potensi, masalah dan solusi untuk mengolah sumber daya yang dimilikinya secara kreatif dan inovatif. Tentunya dengan menuangkan ke dalam dokumen perencanaan yang berkualitas.

“Pemerintah Provinsi Jabar menyiapkan 100 Jt untuk 500 Bumdes di Jabar dengan persyaratan bahwa Bumdes nya sudah memiliki jenis usaha yang jelas, inovatif dan fokus tentunya Bumdesnya sudah berjalan, bukan baru merintis.”, ungkap Iman Tohidin dalam paparannya. (Lia Amalia/Pemkes/2019)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here