Studium General dengan tema “Gerakan Besar Reformasi Birokrasi Administrasi Publik di Indonesia Masa Lalu Masa Kini dan Masa Depan”

0
53

Studium General dengan tema “Gerakan Besar Reformasi Birokrasi Administrasi Publik di Indonesia Masa Lalu Masa Kini dan Masa Depan”, (06/09) yang diselenggarakan oleh Bappeda Garut yang bertempat di Hotel Santika Garut.

Acara yang dibuka langsung oleh Bupati Garut, H. Rudy Gunawan, SH., MH., MP juga Wakil Bupati Garut, dr. H. Helmi Budiman didampingi Sekretaris Daerah, Ir. H. Deni Suherlan, M.Si serta Kepala Bappeda Ir. H. Widiyana, CES. Menghadirkan narasumber Prof. Dr. Eko Prasojo, Mag. rer. publ yang merupakan Dekan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia.

“Reformasi birokrasi ini menjadi salah satu gerakan besar Kabupaten Garut dalam RPJMD 2019-2024. Juga dalam upaya Kabupaten Garut mencapai nilai A dalam akuntabilitas kinerja pemerintah.”, disampaikan Rudy Gunawan dalam arahannya.

Kepala Bappeda Garut selaku ketua penyelenggara menyampaikan maksud dan tujuan dilaksanakan acara ini adalah untuk menyamakan persepsi dan komitmen bersama pemerintah Kabupaten Garut untuk memperbaiki kinerja dalam perencanaan penganggaran agar lebih efektif efisien dan berkeadilan.

Penenakanan bahwa reformasi birokrasi ini juga merupakan visi misi presiden terpilih 5 tahun ke depan. Dalam pelaksanaanya harus efektif yakni optimalisasi pencapaian indikator kinerja; efisien dalam mengoptimalkan sumberdaya yang ada dan berkeadilan berdasar pencapaian sasaran strategis.

“Untuk tantangan reformasi birokrasi ke depan lebih kepada pemerintahan yang berbasis digital dengan ditandai disrupsi d semua sektor kehidupan , menguatnya artificial intelligence (kecerdasan buatan), penggunaan big data dan pelayanan online.”, ungkap Eko Prasojo dalam paparannya.

Acara kemudian dilanjutkan oleh Wakil Dekan FIA Dr. Retno Kusumastuti, M.Si. yang memaparkan program training peningkatan kualitas SDM aparatur yang dapat difasilitasi oleh FIA UI. Training tersebut dapat dilaksanakan secara mandiri di Pemerintah Kabupaten bahkan joint training dengan universitas mitra di luar negeri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here